Home/Tips Marketplace/Aplikasi Chat Marketplace dan 5 Kegunaannya
Total Views: 1.371|Daily Views: 1

Aplikasi Chat Marketplace dan 5 Kegunaannya

Aplikasi Chat Marketplace dan 5 Kegunaannya

Aplikasi Chat Marketplace dan 5 Kegunaannya

HiToko.co.id – Halo Sahabat HiToko! bagi kamu yang sering bolak-balik buka satu marketplace ke marketplace lainnya untuk mencari satu barang tertentu, kamu pasti mempertimbangkan berbagai faktor sebelum akhirnya menentukan akan membeli barang yang kamu cari di mana. Salah satu pertimbangan yang biasa kita pikirkan adalah respons penjual dalam membalas pesan di aplikasi chat marketplace. 

Dalam artikel kali ini, HiMin akan membongkar serba-serbi yang perlu kamu ketahui soal aplikasi chat marketplace, termasuk kegunaan aplikasi tersebut baik itu bagi penjual, maupun bagi pelanggan. Maka dari itu, simak artikel ini sampai habis ya!

Sebelum masuk ke topik utama, HiMin mau tanya nih, apa sih yang pertama kali terlintas di benak kamu ketika mendengar kata “marketplace”? Mungkin kamu langsung menyebutkan nama-nama seperti Tokopedia, Shopee, atau Lazada sebagai marketplace paling populer di Indonesia. Tapi nyatanya, ada ratusan marketplace yang menyediakan layanan transaksi jual beli online di negara kita.

Lalu, bagaimana cara marketplace dalam menyediakan layanan tersebut? Sebetulnya, cara kerjanya hampir sama saja dengan toko offline atau toko fisik yang sering kita temukan di pusat perbelanjaan. Intinya, marketplace adalah tempat di mana penjual datang untuk menjajakan barang-barang mereka dan bertemu pembeli yang datang untuk berbelanja barang-barang yang mereka butuhkan. Saat ini, kita bisa menemukan semua jenis barang di pasar online, mulai dari kebutuhan pokok, kerajinan tangan, hingga layanan jasa.

BACA  Cara Daftar Gratis Ongkir di Blibli, Mudah Lho!

Beberapa marketplace bahkan mengakomodir semua penjualnya menjual segala jenis barang pakaian, persediaan hewan peliharaan, elektronik, dan otomotif. Beberapa marketplace lainnya membatasi penjualan jenis barang tertentu secara spesifik, misalnya barang seni dan kerajinan, atau tiket saja.

Proses komunikasi pada marketplace

Pada dasarnya, transaksi jual-beli dimulai dengan proses komunikasi. Sebelum transaksi benar-benar terjadi, penjual dan pembeli perlu mendiskusikan kondisi barang dan menyepakati harga sebelum keduanya saling setuju. 

Pembeli dapat meminta informasi tambahan tentang barang tersebut atau meminta gambar yang lebih detail. Sementara penjual bisa menggunakan layanan komunikasi yang tersedia untuk memberikan informasi yang diminta pembeli tersebut.

Cara paling nyaman untuk melakukan komunikasi semacam itu adalah dalam aplikasi chat. Karena kedua belah pihak hadir pada saat yang bersamaan, dan pesan akan disampaikan secara instan. Obrolan didesain sedemikian rupa sehingga mendekati percakapan di kehidupan nyata.

Untuk mendukung proses komunikasi seperti itu, mayoritas marketplace memiliki aplikasi chat mereka masing-masing. Fitur-fitur yang tersedia antara satu marketplace dengan yang lainnya bisa jadi berbeda. Namun pada umumnya, mereka menyediakan fitur ruang obrolan, penyisipan file seperti foto hingga video, hingga perekam suara atau yang biasa kita kenal dengan voice chat.

Manfaat aplikasi chat marketplace

Dengan menyediakan layanan komunikasi yang cepat, aman dan nyaman, fitur chat bisa membawa sejumlah manfaat bagi marketplace itu sendiri. Adapun beberapa manfaatnya antara lain adalah:

  1. Peningkatan pengalaman berbelanja pelanggan

    Umumnya, aplikasi chat marketplace menyediakan komunikasi dengan metode real-time yang efektif antara penjual dengan pembeli. Jadi pembeli bisa mendapat jawaban dan informasi yang diperlukan secepat mungkin.

    Bagi pembeli yang baru pertama kali menggunakan marketplace mungkin tidak terbiasa dengan tampilan web serta fitur-fitur marketplace. Dalam hal ini, aplikasi chat marketplace dapat memberikan panduan untuk mengarahkan mereka. Di saat yang sama, penjual juga dapat memperoleh keuntungan lebih cepat karena pembeli dapat membuat keputusan lebih cepat berdasarkan detail yang mereka terima secara real-time.
  2. Meningkatkan kepercayaan terhadap marketplace

    Saat komunikasi antara pembeli dan penjual sedang berlangsung, obrolan tersebut terekam dan bisa dipergunakan kembali sebagai bukti jika terjadi perselisihan. Semua percakapan tersimpan dalam sebuah riwayat obrolan yang transparan.
    Selain itu, dalam aplikasi chat marketplace, pembeli dan penjual dapat saling bertukar informasi, sehingga dapat membangun kepercayaan satu sama lain. Semakin banyak informasi yang dibagikan, maka akan semakin tinggi pula kepercayaan di antara kedua belah pihak.
    Hal yang sama berlaku untuk obrolan antara pengguna dan agen dukungan pasar. Semua dialog tetap disimpan dan dapat dirujuk nanti jika diperlukan. Dengan cara ini, obrolan langsung memberi pengguna kepercayaan diri dan meningkatkan kepercayaan mereka di pasar.

  3. Menjamin privasi pengguna

    Meskipun aplikasi chat marketplace adalah layanan yang sempurna untuk mencari tahu informasi sebanyak mungkin tentang toko dan produknya, namun privasi pengguna aplikasi marketplace juga akan terjaga. Jika kamu tidak ingin memberi tahu informasi pribadi seperti tempat tinggal atau nomor telepon, kamu bisa merahasiakannya.
    Dalam hal ini, aplikasi chat marketplace menawarkan keunggulan dibanding percakapan di kehidupan nyata. Kamu bisa cuma memberikan detail yang diperlukan untuk bertransaksi dengan penjual selagi menjaga privasi dalam aspek lain.

  4. Meningkatkan keterlibatan pembeli dalam transaksi

    Pada sebagian besar marketplace yang ada di Indonesia, fitur chat sudah tersedia di dalam aplikasi marketplace tersebut, sehingga pengguna tidak perlu beralih ke aplikasi atau browser lain untuk berkomunikasi satu sama lain.
    Nah, di saat pengguna dapat melakukan chatting sambil browsing barang yang ingin dibeli tanpa meninggalkan marketplace, kemungkinan penyelesaian pembelian akan menjadi jauh lebih tinggi. Pasalnya, perhatian mereka tidak terbagi dan mereka dapat sepenuhnya fokus pada transaksi.

  5. Memudahkan penyampaian feedback dari pelanggan

    Dari sisi penjual, kamu dapat menggunakan aplikasi chat marketplace sebagai medium untuk bertanya kepada pelanggan tentang apa pendapat mereka mengenai toko kamu. Kamu bisa membuat survei singkat atau minta mereka untuk menilai pengalaman mereka setelah melakukan transaksi.
    Feedback pelanggan ini penting untuk mengetahui bagaimana sudut pandang pelanggan yang bertransaksi di toko kamu. Dari perspektif ini, pelanggan dapat menunjukkan hal-hal yang bahkan tidak kamu sadari sehingga ke depannya kamu bisa meningkatkan kualitas produk atau pelayanan toko kamu.

Fitur apa yang penting ada dalam aplikasi chat marketplace?

Jika kamu ingin mencoba aplikasi chat marketplace, kamu perlu tau fitur-fitur berikut yang akan menciptakan pengalaman menarik dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

  • Obrolan antara individu dan grup

Selain mengobrol langsung sesama individu, aplikasi chat marketplace juga memungkinkan penggunanya membentuk grup dan komunitas. Ini akan membantu pengguna untuk berbagi ulasan dan informasi dalam grup yang dibuatnya.

  • Status “online” dan indikator “sedang mengetik”

Kedua indikator ini akan membuat obrolan terasa lebih nyata dan mirip dengan percakapan langsung, karena kedua belah pihak akan mengetahui status dari lawan bicara. Kamu juga dapat menyertakan indikator penghitung pesan yang belum dibaca untuk memastikan tidak ada percakapan yang terlewat.

  • Pengarsipan pesan

Di marketplace, perselisihan bisa saja terjadi. Nah, disinilah fitur arsip pesan dibutuhkan untuk melihat histori obrolan yang terjadi selama transaksi dan dapat membantu kamu sebagai bukti saat menyelesaikan perselisihan.

  • Fitur berbagi gambar dan file

Pembeli mungkin meminta penjual untuk memberikan informasi tambahan tentang barang tersebut atau mengambil foto yang lebih mendetail. Akan sangat nyaman jika penjual dapat membagikan file secara langsung melalui obrolan.

  • Pemfilteran kata-kata kotor

Aplikasi chat marketplace juga perlu menyertakan fitur penyaring bahasa dalam chat untuk memastikan percakapan tetap aman dan tidak menggunakan bahasa yang terlarang.

Selain fitur-fitur tadi, alangkah lebih baik kalau kamu juga mengenali jenis-jenis pelanggan yang ada di marketplace agar bisa melayani mereka sesuai dengan kepribadiannya. Tak kalah pentingnya, aplikasi chat marketplace juga harus menjadi tempat aman untuk percakapan. Terapkan langkah-langkah keamanan berupa data yang terenkripsi dan lakukan verifikasi pengguna untuk memastikan keamanan data pengguna.

Layanan aplikasi chat HiToko

Bagi kamu yang memiliki toko di banyak marketplace, pasti kamu sering kesulitan dalam mengelola pesan-pesan yang masuk karena kamu harus membuka aplikasi-aplikasi marketplace yang kamu punya satu per satu.

Demi mengurangi beban tersebut, HiToko bisa membantu kamu berkomunikasi dengan pelanggan dari beragam marketplace hanya melalui satu aplikasi chat bernama HiToko Chat

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menginstall HiToko Chat adalah memungkinkan kamu untuk melihat dan membalas semua obrolan dari pelanggan di berbagai saluran dan e-commerce yang berbeda. Dengan ini, komunikasi dengan pelanggan akan menjadi lebih cepat, mudah, efisien dan efektif. Jadi kamu gak perlu khawatir lagi deh ada pelanggan yang hit and run. Yuk coba sekarang!

banner megajak menggunakan Hitoko