Home/Tips Bisnis/5 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
Total Views: 344|Daily Views: 1

5 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Halo sahabat HiToko! Demi suksesnya sebuah bisnis, setiap komponen yang ada penting sekali untuk selalu diperhatikan. Salah satu komponen tersebut adalah mengetahui perilaku konsumen. Tapi, tahukah Anda apa saja faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen itu sendiri? Nah, sebelum membahas apa saja faktor yang bisa mempengaruhi, Anda juga perlu tahu beberapa alasan tentang pentingnya perilaku konsumen tersebut.

Pentingnya Mengetahui Perilaku Konsumen

  • Mengetahui diferensiasi konsumen

Salah satu alasannya adalah bisa untuk mengetahui diferensiasi dalam konsumen. Jadi dalam hal ini akan membantu perusahaan dalam membentuk kelompok sasaran yang serupa. Alasannya karena hal ini nantinya sangat berpengaruh pada tahap pemasaran selanjutnya yaitu strategi.

Jadi dengan analisis atau mengetahui perilaku yang ada pada konsumen tentunya akan menemukan perbedaan nah kemudian bisa dikelompokkan untuk nantinya bisa membantu dalam hal menyesuaikan strategi pemasaran.

  • Retensi Konsumen

Selanjutnya analisis ini tidak hanya berhubungan untuk mengetahui perbedaan yang ada pada konsumen saja namun dengan mengetahui perilakunya, perusahaan juga bisa mempertahankan pelanggan yang lama.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan meyakinkan konsumen untuk selalu membeli produk tersebut, karena bila pelanggan senang pasti akan mengulangi melakukan pembelian.

  • Membentuk strategi pemasaran yang cocok

Ketika sudah mengetahui perilaku konsumen tentunya teknik pemasaran menjadi lebih efektif. Hal tersebut karena dengan dilakukannya analisis ini, perusahaan bisa membentuk strategi pemasaran yang cocok dan relevan dengan perilaku konsumen itu sendiri.

Contohnya jika target sasaran perusahaan adalah anak-anak maka strategi yang bisa dilakukan adalah dengan menampilkan iklan TV ataupun program sekolah kemudian jika targetnya orang dewasa tentunya harus dilakukan dengan cara berbeda.

  • Memprediksi tren pasar

Hal yang paling terlihat dari perilaku konsumen adalah adanya pergeseran pasar. Seperti contohnya saat ini di masa pandemi perlu ditingkatkan hidup sehat dengan mengikuti anjuran protokol kesehatan dari pemerintah.

Nah dengan hal ini, perusahaan tentunya menjadi tahu kira-kira apa tren pasar yang akan muncul saat ini contohnya hand sanitizer atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan hidup sehat.

  • Persaingan

Hal penting lainnya yang bisa diketahui dengan analisis perilaku konsumen ini adalah persaingan. Jadi perusahaan menjadi lebih siap dalam menghadapi adanya persaingan di pasaran.

Baca juga:

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

  • Kebudayaan

Faktor yang pertama yaitu kebudayaan yang berhubungan terhadap nilai, persepsi, preferensi ataupun perilaku yang bisa menentukan keinginan untuk memutuskan akan membeli produk atau tidak.

BACA  4 Contoh Analisis SWOT Produk dari Makanan hingga Manufaktur

Contoh faktor budaya yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu bisa berhubungan dengan kondisi wilayah geografis, ras, suku maupun agama. Misalnya seseorang yang tinggal di wilayah pantai akan berbeda keinginannya untuk membeli produk seseorang yang berada di wilayah pegunungan.

  • Sosial

Nah faktor selanjutnya, yang dimaksud faktor sosial dalam hal ini contohnya keluarga, kelompok maupun peran dan jabatan.

Contoh faktor sosial yang mempengaruhi perilaku konsumen misalnya terdapat seseorang yang memiliki jabatan yang cukup tinggi nah hal ini dapat direpresentasikan dari produk yang dimilikinya., jika diperhatikan pasti terdapat beberapa perbedaan dengan jabatan lainnya.

  • Pribadi

Faktor ini juga bisa menunjukkan karakteristik psikologis yang dimiliki seseorang tentunya akan berbeda dengan orang lain. Contoh faktor individu yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu umur, pekerjaan, gaya hidup, maupun kepribadian.

  • Psikologis

Nah sedangkan faktor psikologis ini mencakup lingkungan tempat tinggal konsumen dengan contoh faktor psikologis yang mempengaruhi perilaku konsumen itu sendiri yaitu motivasi, persepsi, pengetahuan, keyakinan dan sikap.

  • Situasional

Faktor situasional berhubungan dengan kondisi tempat maupun waktu jadi contohnya itu sendiri terdiri dari suasana perilaku konsumen, teknologi, struktur masyarakat, keadaan alam, iklim dan lain sebagainya.

Bagaimana perilaku konsumen berpengaruh terhadap strategi bauran pemasaran? Diketahui dengan semakin tingginya penggunaan strategi ini maka semakin tinggi juga keputusan konsumen dalam membeli begitu juga sebaliknya.

Hal tersebut karena pada dasarnya keberhasilan sebuah perusahaan bisa ditentukan dengan banyak atau tidaknya pembelian yang dilakukan konsumen.

Sebagai seorang pebisnis, Anda dituntut untuk selalu bisa mempersiapkan sebuah bisnis dengan mengikuti perkembangan zaman. Seperti yang diketahui kini proses jual beli lebih banyak dilakukan secara online jadi bagi seorang pebisnis mau tidak mau harus terjun ke dunia tersebut dengan mempersiapkannya dengan baik.

Salah satu langkah yang bisa disiapkan agar dapat menjangkau konsumen lebih luas adalah dengan memastikan strategi yang Anda terapkan di toko membuat konsumen bisa mendapatkan pengalaman yang mudah dan menyenangkan. Dalam hal ini, HiToko dapat membantu Anda untuk mempermudah dan menjangkau konsumen dengan lebih luas dengan layanan Omnichannel untuk perusahaan Anda.

OmniChannel adalah satu wadah yang dapat Anda integrasikan dengan berbagai toko online maupun e-commerce. Dengan produk OmniChannel, semua toko Anda di e-commerce akan terintegrasi dalam satu pintu. Dengan layanan ini, Anda dengan mudah mengelola pesanan secara real-time dari berbagai platform e-commerce dari satu pintu saja yang membuat Anda lebih responsif dalam menangani pesanan konsumen.

Agar Anda tidak lagi ribet pindah-pindah platform untuk mengatur produk maupun pesanan, registrasi gratis sekarang juga!

Pingin Mengelola Toko Online Lebih Mudah_ Gunakan Solusi Omnichannel HiToko Sekarang!