4 Daftar Perusahaan yang Menerapkan Omnichannel
Hitoko.co.id – Halo Sahabat HiToko! Omnichannel bukanlah suatu barang yang baru yang ada di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya brand-brand dalam negeri yang sudah menerapkan strategi omnichannel. Berikut adalah 4 daftar perusahaan yang menerapkan omnichannel.
Brand-brand tersebut telah membuktikan dengan menggunakan omnichannel marketing dapat meningkatkan kinerja perusahaan.
4 Daftar Perusahan yang Menerapkan Omnichannel
Brand-brand yang telah menerapkan omnichannel marketing dibawah ini bukanlah brand-brand yang asing dalam kehidupan. Bahkan mungkin saja selalu berhubungan dengan Anda sehari-hari.
1. Tokopedia
daftar perusahaan yang menerapkan omnichannel yang pertama adalah Tokopedia. Strategi omnichannel tersebut seringkali dikaitkan dengan distribusi konten lintas channel demi meningkatkan pengalaman para pengguna.
Omnichannel marketing juga mmeungkinkan para pengguna untuk saling mengintegrasikan chanel-chanel baik digital maupun non digital. Selain itu data dan informasi yang didapat bisa dari berbagai channel yang telah terintegrasikan kemudian dianalisis.
Cara menganalisa data tersebut dengan menggunakan machine learning dan juga menggunakan Al (Kecerdasan buatan) untuk membantu mempelajari kebutuhan para perilaku konsumen.
Dengan demikian Tokopedia dapat mempersonalisasi pesan yang telah dikirim dengan melalui setiap kanal. Tujuannya adalah agar lebih relevan dengan tipe-tipe pengguna. Langkah tersebut juga memastikan brand experience yang memiliki makna.
Jadi, pesan yang lebih relevan atau yang lebih sesuai dengan preferensi pengguna dapat membantu Tokopedia dalam mendorong pengguna menjadi pembeli.
Tidak hanya itu omnichannel juga sangat membantu Tokopedia dalam menghasilkan pengalaman belanja yang baik.
Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengguna Tokopedia yang tersebar di seluruh Indonesia. Yaitu dengan jumlah pengguna sekitar 250 juta produk, sekitar 7,2 juta pedagang, serta 35 produk digital.
2. Bank BNI
Bank BNI merupakan salah satu bank yang berada dibawah naungan BUMN. BNI berdiri sejak Indonesia merdeka dan sekarang bank nasional ini semakin melebarkan sayapnya dengan terus melakukan peningkatan di bidang digital.
Salah satu strategi digital marketing bank BNI adalah dengan menerapkan sistem omnichannel marketing. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan semua channel digital yang dimiliki bank dengan plat merah tersebut.
BNI diketahui telah menyuarakan perihal pengembangan omnichannel sejak tahun 2018. Dengan tujuan yang tidak lain adalah untuk mengembangkan perbankan. Teknologi omnichannel yang dikembangkan oleh bank BNI dimulai dari service architecture (SOA).
Hingga sekarang bank BNI lebih berfokus supaya omnichannel yang dimilikinya dapat menghidupkan kemudahan bagi para nasabahnya dalam melakukan transaksi secara digital, mulai dari digital management hingga pada layanan kartu kredit.
3. Bukalapak
Perusahaan yang menerapkan omnichannel yang ketiga adalah Bukalapak. Marketplace yang satu ini merupakan salah satu perintis e-commerce yang ada di Indonesia.
Bukalapak juga dikenal memiliki strategi omnichannel agar dapat melakukan diversifikasi pada berbagai lini produk.
Tidak hanya pada diversifikasi produk, Bukalapak juga melakukan diversifikasi pada program, baik dilakukan secara offline maupun secara online.
4. Starbucks

Photo by @trance via unsplash.com
Sebagian besar orang beranggapan bahwa Starbuck merupakan perusahaan yang sukses dalam menerapkan pengalaman omnichannel terhadap para pelanggannya. Hal ini disebabkan karena berbagai keuntungan yang diperoleh oleh pelanggannya.
Beberapa keuntungan yang diperoleh oleh pelanggannya, seperti mendapatkan kupon hadiah secara gratis yang dapat digunakan setiap kali melakukan pembelian.
Atau ketika tengah melakukan antrian untuk mendapatkan kopi tapi lupa belum melakukan top up saldo, maka Anda dapat melakukan top up dengan melalui aplikasi mobile banking Anda.
Diatas adalah sederet perusahaan yang menerapkan omnichannel dan telah berhasil mengembangkannya dan menjadi perusahaan yang berkembang.
Baca juga: 5 keuntungan menggunakan strategi omnichannel marketing
Nah untuk anda yang mau mulai menggunakan omnichannel, bisa gunakan jasa omnichannel dari HiToko. Selain mengelola berbagai akun marketplace dengan mudah, ada juga fitur mengelola chat dari berbagai marketplace tadi sehingga anda bisa memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan untuk pelanggan anda. Coba layanan kami sekarang, gratis!