Home/Produk Update/10 Manfaat Software Aplikasi Inventory Barang
Total Views: 1.101|Daily Views: 2

10 Manfaat Software Aplikasi Inventory Barang

HiToko.co.id – Halo Sahabat HiToko semuanya! Pada artikel kali ini, kami akan membahas manfaat-manfaat apa saja nih yang bisa kamu dapatkan dari software aplikasi inventory barang.

Selaku penjual, kamu pasti memerlukan sistem manajemen inventaris yang akurat supaya produksi terus berjalan, pesanan pelanggan terpenuhi, dan jumlah stok produk yang tersedia bisa terpantau. Beberapa pemilik bisnis melakukan manajemen inventaris secara manual, tapi melakukannya secara manual memiliki risiko yang tinggi, tidak seperti menggunakan sistem manajemen inventaris elektronik yang menawarkan banyak manfaat.

perempuan memegang tablet mengontrol gudang

Selain mengorganisir inventaris dengan lebih baik dan meningkatkan produktivitas, software aplikasi inventory barang umumnya sederhana sehingga mudah dipelajari. Nah, pada artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu sistem manajemen inventaris beserta 10 manfaat penggunaannya.

Apa yang dimaksud dengan software aplikasi inventory barang?

Software aplikasi inventory barang adalah software yang membantu pelaku usaha melacak persediaan barang dan data penjualan. Pemilik bisnis akan diberikan data inventaris yang akurat agar produk berputar dengan teratur. Pemilik bisnis juga dapat mengelola stok dengan lebih mudah, memenuhi pesanan tepat waktu, dan melacak keseluruhan produksi hingga penjualan. Penggunaan software aplikasi inventory barang tidak memerlukan pelatihan yang komprehensif sehingga dapat digunakan dengan mudah.

Manfaat menggunakan software aplikasi inventory barang

supply cycle

Menggunakan software aplikasi inventory barang memiliki banyak manfaat, baik itu untuk usaha kecil, ritel, hingga bisnis yang mempunyai gudang besar. Berikut rincian manfaat dari menggunakan software aplikasi inventory barang yang sudah kami rangkum .

  1. Perhitungan jumlah inventaris menjadi lebih akurat

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sistem manajemen inventaris membantu pemilik bisnis memenuhi pesanan tepat waktu dan melacak produk secara akurat. Sistem ini memantau setiap produk yang masuk dan keluar perusahaan selama produksi, distribusi, dan penjualan. Banyak sistem manajemen stok yang juga merupakan sistem point-of-sale. Dengan menggunakan software aplikasi inventory barang, jumlah stok dapat dikalkulasikan dengan lebih akurat sehingga dapat memangkas biaya untuk manajemen inventaris internal dan membuat hubungan antara pelanggan dan mitra menjadi lebih baik.

  2. Mengurangi biaya operasional

    Salah satu poin paling penting dalam sebuah bisnis adalah bagaimana menggunakan anggaran seminimal mungkin untuk meraih keuntungan sebanyak mungkin. Dalam hal ini, aplikasi inventory barang bisa menjadi solusi. Sebab, aplikasi ini membantu mengurangi biaya perusahaan dengan mencegah kelebihan stok. Saat sebuah perusahaan memiliki jumlah stok yang akurat, pesanan barang untuk pelanggan akan terjamin.
    Karena pemilik bisnis umumnya menyimpan inventaris di gudang, perhitungan jumlah stok yang tidak akurat dapat menimbulkan biaya yang tak terduga. Maka dari itu, kamu memerlukan aplikasi inventory barang agar sejumlah biaya tak perlu dapat kamu kurangi. Biaya yang dimaksud meliputi: Upah karyawan: Karyawan yang ditugaskan untuk mengelola dan menghitung jumlah stok akan meningkatkan biaya tenaga kerja. Asuransi: Menyewa gudang biasanya memerlukan asuransi untuk melindungi properti dan aset. Transportasi: Menyimpan kelebihan stok dapat meningkatkan biaya transportasi untuk pemindahan barang dari satu gudang ke gudang lain.

  3. Otomatisasi yang lebih besar

    Otomatisasi di sini bermakna saat pemilik bisnis menggunakan software untuk membuat proses tertentu menjadi otomatis. Dengan software aplikasi inventory barang, proses bisnis dapat terotomatisasi sehingga dapat mengurangi kesalahan, meminimalkan biaya tenaga kerja, dan menghitung jumlah stok dengan lebih akurat. Otomatisasi juga berperan dalam mengurangi ketergantungan perusahaan pada tenaga manusia dan membuat proses manajemen stok menjadi lebih efisien dalam jangka panjang.

  4. Meningkatkan produktivitas 

    Bisnis yang menggunakan aplikasi inventory barang dapat meningkatkan produksi menjadi lebih tinggi. Dengan meminimalisir kesalahan inventaris, perusahaan dapat fokus pada penjualan barang dengan kualitas lebih tinggi dan harga yang lebih bersaing. Kemudian, jam kerja bisa dialihkan ke pengerjaan tugas lain untuk meningkatkan performa bisnis dan membuat produksi lebih efisien.
    Misalnya, jika sebuah perusahaan memiliki tiga karyawan manajemen stok, perusahaan dapat menguranginya dengan tujuan menghemat biaya, kemudian menggunakan aplikasi manajemen stok barang sebagai gantinya. Atau, pemilik bisnis juga bisa memindahkan satu atau lebih karyawan manajemen inventaris tersebut ke area bisnis lainnya, sehingga tenaga kerja perusahaan bisa bekerja secara optimal.

  5. Membuat sistem organisasi menjadi lebih baik

    Aplikasi inventory barang juga membantu bisnismu memiliki sistem organisasi yang lebih baik dalam hal pengelolaan stok. Aplikasi tersebut juga memungkinkan karyawan untuk mengkategorikan produk berdasarkan ukuran, bentuk, nama, dan lain sebagainya. Inventaris yang terorganisir bisa membantu bisnis memesan kembali pesanan dengan lebih cepat dan akurat, serta melacak produk secara sederhana dan efektif.
    Misalnya, jika kamu memiliki bisnis di bidang otomotif. Aplikasi inventory barang dapat membantumu mengatur setiap bagian mesin berdasarkan nama dan tipe barang, juga membantu karyawan menemukan barang yang benar dengan cepat dan memungkinkan perusahaan melacak setiap produk mulai dari truk pengiriman hingga akhir. Aplikasi ini juga dapat mengurangi beban kerja jika ada barang yang ditarik kembali, karena setiap barang dalam sistem dapat dilacak.

  6. Peningkatan pengalaman berbelanja pelanggan

    Sistem stok barang yang terorganisir dan akurat juga dapat membantu meningkatkan pengalaman belanja pelanggan. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat memenuhi pesanan pelanggan dengan cepat dan akurat, sehingga kepuasan pelanggan juga akan meningkat. Tingkat pelayanan pelanggan ini dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan, serta memperkuat hubungan antara pemilik bisnis dengan pelanggan. Citra merek kamu juga bisa menjadi lebih positif dan dapat menghasilkan peningkatan keuntungan karena lebih banyak pelanggan menggunakan produkmu.

  7. Hubungan bisnis yang lebih baik

    Aplikasi inventory barang juga dapat membantu perusahaan membangun hubungan bisnis yang lebih baik dengan pemenuhan pesanan yang cepat dan akurat yang dapat membantu kamu meningkatkan kepercayaan pelanggan dan para mitra.

  8. Peningkatan keamanan data 

    Aplikasi stok barang secara modern dapat memungkinkan pemilik bisnis untuk membatasi akses stok perusahaan. Hal ini membantu mencegah potensi biaya pelanggaran data. Sistem manajemen inventaris juga memastikan operasional internal perusahaan tertutup dari vendor dan pihak-pihak di luar perusahaan. Fitur ini dapat berfungsi sebagai pencegahan terhadap serangan siber dan membantu memecahkan masalah dengan efisien.

  9. Peningkatan visibilitas data

    Di samping membuat data lebih aman, aplikasi inventory barang juga membuat sistem dapat dilacak oleh tim eksekutif perusahaan. Visibilitas data yang meningkat memungkinkan para pelaku usaha untuk membuat keputusan bisnis yang lebih tepat dengan lebih sedikit kesalahan yang mengakibatkan kerugian waktu atau uang. Misalnya, manajer gudang bisa melihat inventaris apa yang masuk dan keluar dari gudang, serta dapat mengetahui jika ada perbedaan dalam jumlah stok.

  10. Peningkatan koordinasi antar lokasi gudang

    Jika kamu memiliki beberapa gudang atau lokasi ritel, berarti kamu memerlukan lebih banyak inventaris untuk dikelola. Aplikasi stok barang dapat membantumu mengatur dan meningkatkan koordinasi antar fasilitas yang berbeda. Koordinasi yang lebih baik antar lokasi dapat membantu memangkas biaya dan meningkatkan proses penjualan, sehingga bisa meningkatkan penjualan dan menarik pelanggan baru.
    Misalnya jika kamu seorang penjual buku. Ketika satu lokasi jaringan tokomu kehabisan stok untuk buku tertentu, mungkin kamu perlu memesan lebih banyak buku dari lokasi lain. Nah, dengan bantuan aplikasi ini, kamu dapat menunjukkan toko lokasi mana yang memiliki buku, berapa banyak yang ada dalam sistem dan berapa biayanya. Mereka kemudian dapat memesan melalui sistem, yang secara otomatis memperbarui jumlah inventaris di setiap lokasi.

BACA  Contoh Laporan Stok Barang Gudang Secara Lengkap
Hitoko sebagai software aplikasi inventory barang

Demikian uraian 10 manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan software aplikasi inventory barang. Bagi kamu yang tertarik untuk merasakan keuntungan aplikasi ini, salah satu yang populer di Indonesia adalah aplikasi HiToko.

Aplikasi HiToko memiliki sistem manajemen penyimpanan yang mudah, sehingga mendukung proses inventaris bagi pelaku usaha kecil, ritel, hingga usaha besar yang memiliki banyak ruang penyimpanan. HiToko juga memiliki fitur pengingat saat stok habis (backlog). Dengan aplikasi ini penanganan proses masuk dan keluar barang, seperti memasukan produk ke gudang, menambah stock yang habis dan lainnya dapat dilakukan dengan jauh lebih mudah. Yuk, daftarkan usahamu sekarang juga, GRATIS!